5 Penemuan Go-Green Yang Keren Banget

Semakin berjalannya waktu, bumi kita akan semakin tua. Hal ini berarti akan berakibat pada ketersediaan sumber daya alam yang kita miliki. Namun, dibalik itu, ternyata masih banyak ha yang belum dapat dieksplor oleh para manusia di bumi ini. Banyak hal yang tanpa kita sadari dapat menjadi sumber kebutuhan manusia. Penasaran? Cek deh!

  1. Tenaga Surya

Energi memang telah di proyeksi menjadi barang yang akan habis di waktu mendatang atau setidaknya bersifat langka. Maka dari itu, banyak ilmuwan yang mengembangkan teknologi untuk mendapatkan energi dari berbagai sumber. Nah, salah satu penemuan paling mutakhir yang dapat memberikan solusi atas masalah tadi yakni ditemukannya energy matahari. Dengan panel surya, energy matahari dalam bentuk foton dapat diserap dan dikonversikan menjadi panas atau listrik. Hal ini telah banyak diaplikasikan pada berbagai hal di sekitar kita seperti panel surya untuk perumahan, system hybrid pada mobil dan berbagai hal lainnya.

  1. Tenaga Hidrogen

Selain dari matahari, baru baru ini para ahli menemukan sumber energy baru yang sangat bermanfaat, yakni tenaga hidrogen. Energy atau tenaga ini diyakini mampu menjadi alternatif bahan bakar mesin yang bebas polusi. Energi ini sendiri dihasilkan dari perpaduan hydrogen dengan oksigen. Namun, sampai saat ini, para ilmuwan dunia belum bisa menemukan cara untuk menghasilkan senyawa hydrogen tersebut. Kalaupun bisa, hal ini akan memakan biasa yang cukup besar. Namun, setidaknya para ilmuwan tad sudah mencoba membuat laptop serta peranti lain dengan tenaga fuel cell

  1. Energi gelombang laut

Masih pada bagian penemuan energy, para ilmuwan dunia ingin mencari sumber energy yang berasal dari 2/3 bagian dari bumi ini, yakni laut. Namun, berbeda dengan tenaga air biasa, ilmuwan menggunakan gelombang air laut yang notabene memiliki energy besar untuk menggerakkan turbin-turbin sehingga menghasilkan listrik. Namun problemnya, kita tidak dapat menciptakan gelombang air laut sendiri, sehingga produksi energy ini tidak dapat diperkirakan dengan baik. Namun solusinya yakni dengan menyimpan sebagian energy yang cukup besar. Teknologi ini telah diaplikasikan oleh orang orang portugis. Mereka teah berhasil mempraktekkan teknologi ini dan sukses menerangi lebih dari 1500 rumah.

  1. E-book mengurangi kertas

Penebangan hutan menjadi salah satu akibat dari permasalahan lingkungan dewasa ini. Pohon yang ditebang tanpa aturan, dapat mengganggu ekosistem yang ada sehingga bisa dikatakan tidak ramah lingkungan. Karena sebagian dari penggunaan pohon adalah untuk kertas, dimana kertas adalah hal yang sangat penting untuk perkerjaan manusia, maka beberapa ahli akhirnya memanfaatkan teknologi informasi untuk menjual buku. Tidak berbentuk kertas, sehingga buku tetap dapat kita baca tanpa merusak hutan atau pohon.

  1. Desalinasi air laut

Telah diproyeksikan oleh PBB, bahwa suplai air bersih tidak akan bertahan pada waktu yang lama. Namun, yang harus kita sadari ialah, bumi kita terdiri dari 70% air. Untuk apa air tersebut jika tidak untuk kebutuhan manusia? Maka dari itu, ilmuwan dunia menciptakan teknologi yang dapat menghilangkan kadar garam dan mineral dari air laut sehingga dapat dikonsumsi secara layak. Ini merupakan penemuan yang sangat cemerlang untuk mengatasi krisis SDA khususnya air bersih.

Hmm, keren keren yah? Jika kita ngga bisa ikut andil di dalam penelitian itu, paling tidak kita bisa menggunakan sumber daya alam sehemat mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *