Aneka Resep Kue Carabikang Enak Dan Empuk

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan kue yang satu ini, kue basah yang berbentuk seperti bunga yang merekah membuat banyak orang tergoda untuk mencicipinya. Benar sekali, kue carabikang merupakan salah satu dari banyaknya aneka resep kue asli khas Indonesia. Mungkin Anda sudah sering membeli kue Carabikang yang memiliki rasa yang lezat ini. Selain memiliki bentuk yang unik dan rasa yang lezat, kue Carabikang juga memiliki harga yang tidak mahal. Maka dari itu, kue ini sangat laris di pasaran. Namun, tentu saja setiap penjual memiliki resep tersendiri dari rasa kuenya yang lezat. Namun untuk membuat kue basah Carabikang ini umumnya memiliki bahan yang sama dengan Carabikang lainnya.

Dari aneka resep kue basah lainnya, kue bikang merupakan salah satu kue basah yang favorit bagi banyak orang. Ibu tidak perlu lagi membelinya terus menerus jika sudah mengetahui resep dari kue basah enak dan empuh yang satu ini. Dengan membuatnya sendiri, Anda juga bisa mengkreasikan rasa atau bahan tambahan lainnya yang dapat menciptakan cita rasa sendiri yang lebih enak. Nah, apa Ibu penasaran dengan resep kue basah Carabikang? Untuk Anda yang hobi memasak pasti akan menyempatkan untuk meluangkan waktu membuat kue basah yang satu ini di rumah. Bahan untuk membuat kue basah ini sangat sederhana dan mudah didapatkan. Berikut ini ada beberapa bahan dan cara pembuatan dari kue Carabikang.

Seperti aneka resep kue basah yang lainnya, Carabikang juga membutuhkan bahan-bahan yang dominan sama seperti kue-kue lainnya. Bahan tersebut seperti 190 gram tepung beras (15 gram untuk campuran santan), 500 ml Santan kental asli yang dipisahkan menjadi 3 bagian, 27 gram tepung terigu, 80 gram gula pasir, ¼ sendok kecil garam dapur yang beryodium, 15 lembar daun suji dan 3 lembar daun pandan, dan pewarna makanan. Jika bisa untuk pewarna makanan pilihlah yang warna merah, hijau, dan coklat.

Setelah mengetahui beberapa aneka resep kue carabikang di atas, Anda juga memerlukan bagaimana cara membuat kue Carabikang. Cara membuatnya yaitu:

  1. Masukkan tepung beras sebanyak 175 gram, campurkan dengan tepung terigu, garam, santan  sebanyak 310 ml dan ula pasir ke dalam wadah besar. Aduk sampai rata.
  2. Rebus 15 gram tepung beras dan sisa santan 90 ml dengan panci sampai mendidih, kemudian masukan kedalam adonan dan aduk kembali.
  3. Pisahkan adonan ke 3 wadah yang berbeda untuk dicampurkan dengan pewarna merah, hijau, dan coklat.
  4. Siapkan cetakan untuk kue carabikang dengan api yang kecil. Olesi cetakan dengan dengan margarin agar tidak lengket.
  5. Masukkan ¾ untuk adonan utamanya terlebih dahulu baru masukan adonan pewarna sedikit ke dalamnya.
  6. Masak sebentar dan tutup sampai menunggu timbul lubal lubang yang kecil di bagian atas kue. Kemudian cungkil bagian tengah pada kue dan juga pada bagian bawah sampai menjadi matang, Ini untuk memberikan efek agar kue menjadi merekah dengan sempurna.
  7. Olesi dengan bahan olesan agar bikang tercium harum.
  8. Ulangi proses tersebut hingga adonannya habis.

Nah, cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah bukan? Aneka resep kue basah seperti kue Carabikang di atas memang perlu ketelatenan, yang terpenting Anda memiliki bahan yang lengkap. Tidak lupa juga menggunakan margarine Blueband untuk olesannya supaya kue ini lebih lembut, harum, dan lezat. Blueband adalah merk mentega yang dibuat dari bahan-bahan menyehatkan dan yang akan membuat kue Anda menjadi lebih sempurna untuk dinikmati bersama keluarga di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *