Trik Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Trik Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Pada umumnya seorang anak akan kesulitan makan ketika anak sudah menginjak usia 1 tahun. Pada saat itulah pertumbuhan anak akan melambat jika di bandingkan dengan masa sebelumnya. Hal ini juga dapat menurunkan selera makan sehingga akan sering sekali yang nampak yaitu anak makan lebih sedikit. Ketika anak menolak untuk mengkonsumsi makanan dan juga di sikapinya dengan cara keliru oleh orang tua hal ini bisa memicu suasana yang tidak menyenangkan dan juga akan penuh dengan tekanan untuk kedua belah pihak. Oleh karena itu niat orang tua untuk dapat memberikan nutrisi yang baik haruslah diiringi dengan ketelitian dengan cara melihat kondisi anak. Berikut ini merupakan sebuah permasalahan yang selalu timbul yang berkaitan dengan perilaku yang sulit makan dan tentu saja kita harus mengatasinya dengan cara mengatasi anak susah makan.

Untuk anak, makan yaitu keterampilan yang baru di kuasainya. Anak akan mengendalikan apa yang ingin dia masukkan ke dalam mulut menjadi sangatlah penting. Maka tidak heran jika sebagian anak dapat menghabiskan yang disediakan oleh orang tua di hari pertama namun akan menolaknya pada keesokan harinya. Ketika pikirannya sudah berubah maka demikian juga selera makan akan menjadi berubah. Anak biasanya akan mengkonsumsi makanan apa yang dia butuhkan. Ketika selama 1 hari anak kita akan benar-benar menolak makan, jangan hilanglah kesabaran. Di bandingkan dengan cara memutihkan diri dengan asupan sebuah kalori yang kurang selama hari itu sebaiknya kita harus menghitung asupan nya selama satu minggu sebelumnya.

Orang tua akan merasa terkejut terhadap asupan makanan anaknya yang sebenarnya sudah terpenuhi. Bagi anak-anak yang masih berusia 3 tahun ke bawah mengkonsumsi sebuah makanan yang padat merupakan hal yang sangat baru. Diperlukan waktu supaya mereka terbiasa dengan warna rasa dan juga tekstur. Pada saat ini anak juga selalu belajar untuk dapat mandiri dan juga memutuskan pilihan sendiri, termasuk makanan yang akan masuk ke dalam mulutnya. Makanan yang siap saji yang sangat disukai oleh anak biasanya akan mengandung lemak tinggi dengan kandungan gizi yang sangat rendah seperti permen, kentang goreng ataupun minuman yang bersoda. Anak selalu menolak makan setelah kemarin banyak mengkonsumsi makanan. Hal ini sangatlah umum pada anak usia yang menginjak 12 bulan sampai 3 tahun. Menurut para ahli nutrisi, orangtua tidaklah perlu untuk dapat membesar-besarkan hal seperti ini. Anak-anak akan mampu mengenali rasa lapar, dan terkadang akan lebih baik jika di bandingkan dengan orang dewasa.  Itulah cara mengatasi anak susah makan dan tentu saja kita bisa menerapkannya di rumah secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *