Ikon Wisata Religi yang Ada di Indonesia

ikon wisata regligi indonesia 

Indonesia dikenal dengan banyak keberagaman agama, ada 6 agama yang diakui oleh negara yaitu Islam, Hindu, Budha, Kristen, Katolik, dan juga Konghuchu. Karena masyarakat di Indonesia yang memang beragama tidak heran apabila ditemukan tempat ibadah dengan mudah di sini. Seperti dapat dengan mudah bertemu masjid, gereja, kuil, dan tempat ibadah lainnya. Selain sebagai tempat ibadah, beberapa tempat tersebut juga dijadikan sebagai ikon pariwisata religi yang bisa didatangi. Bukan hanya berasal dari penganut agama tersebut, tetapi juga dari pengikut aliran kepercayaan lainnya. Beberapa ikon wisata religi yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut ini:

  •  Masjid Istiqlal

Masjid Itiqlal merupakan masjid yang dibangun oleh negara yang berada di Jakarta Pusat. Masjid ini juga menjadi masjid terbesar yang ada di wilayah Asia Tenggara. Apabila diperhatikan, masjid ini mempunyai gedung yang sangat luas dan juga tinggi. Dibangun ketika masa pemerintah Soekarno dan baru selesai ketika tahun 1978 yang merupakan masa pemerintahan dari presiden Soeharto. Masjid ini mempunyai arsitek oleh non muslim yaitu Frederich Silaban yang lahir di Sumatera Utara. Masjid ini menjadi tempat ketika presiden sholat Ied dan juga sering digunakan untuk acara lainnya. Dan bukan hanya dikunjungi untuk ibadah juga banyak yang berfoto-foto dengan latar masjid ini.

  •  Candi Borobudhur

Merupakan candi Budha terbesar yang digunakan oleh masyarakat untuk berwisata. Candi yang berada di daerah Magelang ini mempunyai keistimewaan sendiri dimana mempunyai bangunan yang megah dan mempunyai sejarah yang panjang. Selain untuk tempat wisata, candi ini juga digunakan ketika perayaan Waisa terbesar dimana banyak biksu yang datang dari negara lain untuk beribadah di tempat ini.

  •  Klenteng Sam Po Kong

Dan ikon wisata religi selanjutnya adalah dari daerah Semarang yaitu Klenteng Sam Po Kong. Klenteng ini mempunyai 3 bangunan yang ada di dalamnya yang bisa digunakan untuk berdoa dan juga untuk meramal. Klenteng ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat di sekitar Semarang ataupun yang berasal dari luar kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *