Makanan yang Bermanfaat untuk Ibu Menyusui

Menyusui adalah masa-masa yang sangat menyenangkan bagi seorang ibu. Menyusui anak skin to skin sangat dianjurkan agar terbentuk bonding yang kuat antara ibu dan anak. Sehingga selain memberikan nutrisi, proses menyusui juga bertujuan untuk menyehatkan psikologis ibu dan anak.

Namun demikian, menyusui juga adalah proses yang cukup menantang bagi seorang ibu. Tantangan yang ibu hadapi adalah bagaimana agar menyuplai ASI yang berkualitas kepada bayi sekaligus menjaga diri sendiri agar tetap sehat.

Untuk itu, memperhatikan asupan nutrisi adalah hal yang sangat penting bagi seorang ibu menyusui. Berikut ini adalah beberapa makanan sehat ibu menyusui yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar kesehatan ibu menyusui dan bayinya dapat terjaga.

  1. Jeruk

Jeruk adalah salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C dapat membantu menjaga stamina dan menghindarkan dari penyakit. Sehingga mengkonsumsi jeruk dengan asupan yang seimbang akan bermanfaat agar ibu senantiasa sehat dan fit. Ibu yang sehat akan memberikan ASI yang baik dan berkualitas sehingga bayi pun bisa ikut sehat.

  1. Sereal

Sereal bermanfaat untuk menyuplai energi. Energi yang dihasilkan oleh sereal lebih bertahan lama daripada dari nasi putih. Ibu yang menyusui terkuras energinya sepanjang hari, sehingga konsumsi sereal dapat membantunya agar tetap prima dan tidak lemas. Selain itu, sereal juga bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan.

  1. Labu siam

Selain kaya akan serat yang bermanfaat untuk pencernaan, labu siam juga kaya akan kandungan asam folat. Asam folat adalah salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi, terutama untuk perkembangan otaknya.

  1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang sangat sering direkomendasikan oleh para ahli gizi dan dokter. Karena alpukat memiliki kandungan lemak baik yang tinggi. Mengkonsumsi lemak baik dengan asupan yang sesuai sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama bagi ibu yang menyusui. Lemak baik dari alpukat dapat bayi peroleh melalui ASI yang diminumnya. Sehingga akan bermanfaat bagi tumbuh kembangnya.

  1. Pepaya Muda

Meskipun pepaya muda tidak direkomendasikan pada ibu hamil, namun pepaya muda justru baik bagi ibu menyusui. Sebab enzim papain yang terkandung dalam pepaya muda dapat bermanfaat untuk melancarkan ASI.

  1. Pepaya

Pepaya adalah jenis buah yang murah dan sangat mudah ditemukan di Indonesia. Selain memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk pencernaan, pepaya juga memiliki kandungan sejumlah nutrisi yang sangat bermanfaat bagi ibu menyusui antara lain adalah vitamin E, vitamin B, dan enzim papain.

  1. Strawberry

Strawberry adalah salah satu makanan sehat ibu menyusui. Karena kaya akan vitamin C dan anti oksidan. Kandungan vitamin C baik agar ibu menyusui dapat terhindar dari berbagai penyakit. Sedangkan antioksidan yang terkandung dalam buah ini bermanfaat agar ibu menyusui terhindar dari paparan radikal bebas.

  1. Bayam

Mengkonsumsi sayur dan buah sangat dianjurkan bagi ibu menyusui. Sayuran bayam adalah jenis sayuran yang sangat disarankan karena mengandung asam folat yang tinggi. Asam folat sangat bermanfaat pada perkembangan otak bayi.

  1. Kacang Panjang

Kacang panjang termasuk jenis sayuran hijau dan kacang-kacangan. Selain mengandung protein, kacang panjang juga mengandung vitamin K. Vitamin K bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika ASI yang diberikan kepada bayi memiliki banyak kandungan vitamin K, maka bayi akan mudah sembuh jika terkena luka.

  1. Daun katuk

Daun katuk adalah jenis sayuran yang sudah terkenal akan khasiatnya melancarkan ASI. Daun katuk terbukti dapat membantu agar suplai ASI yang memadai untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Itulah beberapa makanan sehat ibu menyusui yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Namun sebaiknya mengkonsumsi makanan-makanan di atas tetap dalam jumlah yang seimbang dan tidak berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *