Melihat Festival Songkran di Thailand

Bila mendengar nama Thailand, apa yang terbesit dibenak Anda? Tom Yum juga sebagai makanan khasnya? Pantainya yang indah? Atau pusat perbelanjaannya? Ya, mengulas Thailand memanglah tidak bakal ada habisnya. Thailand mempunyai paket komplit untuk menggunakan berlibur berbarengan keluarga. Keelokan tempat wisatanya, kelezatan kulinernya, modernisasi beberapa tempat shopping, eksotisme alam serta budayanya seperti patung Buddha raksasa, kuil-kuil indah bakal melengkapi perjalanan Anda di Thailand. Begitupun bila Anda menggunakan saat berlibur di bln. April, Anda bakal temukan suatu festival yang tidak umum disini, Festival Songkran namanya.

Festival Songkran adalah hari perayaan nasional untuk menyongsong Hari Th. Baru Thailand yang umumnya berjalan di tanggal 13 hingga 15 April. Songkran sendiri datang dari bhs Sansekerta yang bermakna Matahari dalam Zodiak. Perayaan ini diadakan sepanjang 3 hari, Hari Pertama yaitu “Mahasongkran” yang mengisyaratkan selesainya th. baru, lantas hari selanjutnya yaitu “Wan Nao” yang mengisyaratkan Hari mendekati perubahan th., serta hari paling akhir dimaksud “Wan Thaloeng Sok” yang bermakna masuknya th. yang baru. Acara paling utama dari festival ini yaitu perang air, menyiramkan air dengan gayung atau menyemprotkan dengan pistol air, serta dapat pula dengan melempar balon air. Festival ini bukan sekedar diikuti oleh orang-orang Thailand namun juga turis asing yang tertarik.

Konon festival ini mengisyaratkan permintaan keberuntungan untuk th. yang baru serta pembersihan pikiran, jiwa, serta badan supaya terlepas dari nasib yang jelek. Dengan seiring waktu berjalan, festival ini makin berkembang serta sudah jadi festival paling populer di Thailand. Dalam festival ini, masyarakat kota Thailand tidak sebatas menyiramkan air saja untuk memperoleh keberuntungan di th. baru, mereka merayakan Songkran dengan berkunjung ke kuil untuk berdoa serta memberi makanan untuk biarawan. Lalu di kuil-kuil bakal diselenggarakan penyiraman patung Buddha juga sebagai bentuk penghormatan. Kemeriahan Songkran tidak sebatas dari acara perang air semata, namun di sebagian jalanan bakal ada parade yang berjalan serta Anda bakal lihat binatang khas Thailand yakni Gajah yang menyemarakkan acara dengan menyemprotkan air ke semua jalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *