Olahraga Saat Mengandung yang Wajib Anda Coba

Menjaga kehamilan dengan berolahraga secara teratur sebetulnya sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah. Saat hamil, tubuh memang akan terasa lelah sepanjang waktu, dan rasanya malas bahkan hanya untuk bangun dari tempat tidur setiap pagi.

Tapi, percaya atau tidak, olahraga dapat membuat tubuh anda lebih segar dan anda pun bisa menjalani kegiatan sehari-hari dengan lebih bersemangat. Berolahraga juga akan membuat tubuh menjadi lebih kuat untuk menopang berat bayi di dalam perut, menjaga bentuk tubuh, menghindari nyeri punggung, serta menyiapkan tubuh agar lebih bugar saat proses persalinan.

Ada berbagai jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kehamilan. Di antaranya adalah berenang, jalan cepat, yoga, dan pilates.

Berolahraga saat hamil akan lebih mudah untuk dijalankan oleh orang-orang yang memang suka berolah raga sebelum kehamilannya. Tapi untuk anda yang sebelumnya jarang atau tidak pernah berolahraga, yoga atau pilates dengan gerakan khusus untuk ibu hamil mungkin lebih cocok untuk anda.

Olahraga tidak perlu dilakukan hingga berjam-jam, sesuaikanlah dengan kemampuan anda. Anda bisa melakukannya 10 menit hingga 30 menit dalam sehari.

Meski begitu, hentikan kegiatan berolah raga jika anda mengalami pusing, sakit kepala, kesulitan bernapas, jantung berdebar, kontraksi, atau pendarahan.

Serta hindarilah kegiatan olahraga yang dapat menimbulkan risiko terjatuh. Jangan ragu untuk menanyakan kepada dokter atau trainer tentang kegiatan olahraga yang cocok untuk anda, karena tidak semua kegiatan olahraga bisa dilakukan oleh setiap ibu hamil.

Itulah beberapa olahraga untuk ibu hamil muda yang Wajib Anda Coba , semoga bermanfaat !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *