Pesona Sate Ayam, Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Siapa tidak kenal sate? Makanan khas Indonesia ini merupaka salah satu makanan yang mendunia dan sangat terkenal karena kelezatannya. Jika di luar negeri ada istilah barbeque, maka Indonesia punya sate yang tidak kalah kelezatannya. Sate terbuat dari daging yang ditusuk menggunakan tusuk yang umumnya terbuat dari bambu dan dibakar di atas bara api dengan bumbu yang bervariasi tergantung jenis satenya. Sate di Indonesia sendiri ada berbagai macam mulai dari sate padang, sate buntel, sate Madura, sate kerang, serta sate-sate lainnya. Salah satu jenis sate yang terkenal karena cita rasanya yang nikmat adalah sate ayam. Makanan sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak dengan harga yang jauh lebih murah dibanding sate dengan bahan daging kambing atau daging sapi.

Pesona Sate Ayam, Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Sate ayam pun memiliki banyak jenis tergantung daerah yang membuatnya. Perbedaan terutama ada pada sausnya. Rasa sausnya biasanya sangat tergantung dari daerah asal sate tersebut. Sate dengan bahan daging ayam yang paling terkenal adalah sate Madura. Hampir di setiap kota di Indonesia kita dalat dengan mudah menjumpai sate yang berasal dari daerah ini di jual di tenda pinggir jalan setiap malam. Sate Madura memiliki kehasan tersendiri yakni sausnya yang menggunakan saus kacang yang dihaluskan dengan campuran petis serta bawang merah. Tambahan kecap manis membuat saus sate Madura ini memiliki citarasa yang gurih dengan sedikit rasa manis yang sedap.

 

Berbeda dengan sate ayam yang dibuat di daerah Madura, sate dengan bahan daging ayam dari Ponorogo memiliki kekhasan yang lain. Daging ayam yang ada pada sate ini sangat terkenal karena kelembutannya dengan citarasa bumbu yang meresap sampai kedaging ayamnya. Jika sate Madura memiliki cara memotong daging dengan bentuk dadu, sate Ponorogo menggunakan daging ayam yang dipotong dengan cara disayat tipis-tipis seperti cara memotong daging dengan cara fillet sehingga membuat dagingnya lebih lembut dan memudahkan bumbu untuk meresap ke dalam daging. Cara memotong demikian juga membuat kita lebih mudah memisahkan antara daging dengan lemak atau gajihnya. Cara membumbui sate ini pun sedikit berbeda, yakni dengan cara dibacem sehingga dagingnya terasa manis. Seperti hal nya sate Madura, sate Ponorogo pun disajikan dengan cara ditambah saus kacang serta irisan bawang merah plus cabai rawit untuk ctarasa pedas khas Jawa Timur.

 

Sate ayam menjadi salah satu makanan Indonesia yang cukup ikonik dan terkenal dikalangan turis mancanegara karena kelezatannya. Rasanya yang bersahabat dengan lidah turis mancanegara karena tidak terlalu pedas dan tajam membuatnya menjadi salah satu makanan yang terkenal sampai luar negeri. Untuk mengetahui makanan khas Indonesia lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Indonesia Travel dan temukan rahasia kenikmatan makanan khas Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *