Tumis Sayur Kangkung Udang Dengan Saus Tiram

Tumis Sayur Kangkung Udang Dengan Saus Tiram

sekarangaja.com – Kangkung merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki gizi yang baik untuk kesehatan. Sayuran hijau ini bisa diolah dengan berbagai cara, namun yang populer untuk sayuran ini adalah dengan cara di tumis. Seperti tumis sayur kangkung dengan ditambahkan udang dan siraman saus tiram. Tumis kangkung ditambah dengan udang ini merupakan salah satu alternatif untuk Ibu rumah tangga yang ingin menyajikan kangkung dengan rasa yang berbeda. Dan buat Ibu-ibu yang ingin mencoba masakan tumis dengan bahan kangkung dan udang ini, bisa dicoba sendiri dengan memperhatikan bahan apa saja yang harus disiapkan.

Untuk membuat tumis sayur kangkung udang dengan siraman saus tiram, Ibu bisa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti kangkung yang masih segar, udang. Dan untuk bumbunya, Ibu siapkan cabe merah dan cabe rawit secukupnya saja, bawang merah dan bawang putih,  garam, saus tiram secukupnya  dan tentunya penyedap.

Jika Ibu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, tentunya Ibu tinggal memasak tumis kangkung udang dengan siraman saus tiram. Pertama, Ibu cuci terlebih dahulu kangkung dan udang dengan bagian kepala dan ekornya dibuang. Selanjutnya Ibu siangi kangkung tersebut, lalu iris beberapa siung bawang merah dan bawang putih juga cabe. Untuk tahap selanjutnya, Ibu tumis bawang merah dan bawang puting dengan minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, jika sudah tercium aroma dari tumisan bawang tersebut, lalu Ibu masukan irisan cabe dengan udang yang sudah dibersihkan.

Tahapan terakhir, setelah tumisan bawang, cabe dan udang tercampur merata, Ibu masukan kangkung yang sudah disiangi dengan menambahkan sedikit air bersih kedalam tumisan tersebut lalu aduk sampai merata. Jika tumisan sudah terlihat agak lunak, Ibu Siramkan saus tiram secukupnya sesuai selera dan juga masukan garam. Dan untuk menambah tumis kangkung agar memiliki rasa yang berbeda dan lebih spesial, Ibu tambahkan penyedap Royco. Dalam hal ini, usahakan Ibu memasak agar tumis kangkung tidak terlalu lunak. Karena jika terlalu matang atau lunak, gizi yang terkandung pada sayur kangkung bisa berkurang. Terakhir angkat dan tiriskan sebentar. Tumis kangkung udang dengan siraman saus tiram sudah siap untuk disajikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *